Mahasiswi Cantik Asal Jombang, Ikut Event Istanbul Youth Summit

 

Kabar membanggakan bagi Kabupaten Jombang. Pasalnya, salah satu mahasiswi asal Dusun Kalibening, Desa Tanggalrejo, Kecamatan Mojoagung, Jombang, akan mengikuti program Istanbul Youth Summit (IYS) 2021.

Adalah Bethari Ayu Anggraeni, mahasiswi jurusan sosiologi angkatan 2018 Universitas Airlangga. Mahasiswi cantik yang memiliki segudang prestasi ini rencananya akan mengikuti program IYS 2021 pada 21 sampai 25 Maret mendatang. Senin (15/3/2021) kemarin, ia berangkat menuju Turki.

Kisah panjang pun harus ia lalui, beberapa seleksi dan tahapan ia lakoni dengan sungguh-sungguh hingga membuahkan hasil yang maksimal.

“Awal tahu ada kegiatan ini dari kakak tingkat saya, kemudian saya ikut seleksi esai. Selang satu bulan, alhamdulilah esai saya diterima. Program IYS ini sangat bagus untuk generasi pemuda dengan tujuan melatih kepemimpinan,” paparnya pada KabarJombang.com, Sabtu (13/3/2021).

Esai karya tangannya itu menghasilkan sebuah tulisan yang memberikan sebuah masukan terkait perbaikan sistem pendidikan. Setelah tergabung dan menjadi bagian IYS dirinyamendapatkan projek dengan sub tema “Environment” yang harus dikerjakan bersama timnya.
“Yang ingin saya gali ketika saya di Turki, yang pertama adalah jaringan atau network. Karena saat ini, itu yang terpenting. Kemudian tentunya untuk mendapatkan ilmu baru,” ungkap mahasiswa semester 6 ini.

Menurut Bethari modal atau kiat-kiat yang perlu dimiliki generasi muda lainnya adalah mencoba dan berani. Sebab katanya dengan berani mencoba akan mendapatkan segudang pengalaman, dintaranya pengalaman membuat esai dan karya ilmiah lainnya.

“Saya menilai program ini sangat bagus, sebab mengangkat tema kepemimpinan terlebih kepemimpinan di masa krisis seperti ini. Dan sangat cocok dengan keadaan saat ini, mungkin saja disaat kita yang memegang roda kepemimpinan nanti, juga akan menghadapi situasi yang sama,” tutur anak kedua dari pasangan Bagus Bambang S dan Isnani.

Selagi menjalani perkuliahan daring, tak lantas menyurutkan semangatnya untuk brekreasi dan mengepakkan sayapnya lebih tinggi. Bethari juga ingin menyelesaikan pendidikan strata nya dengan 3,5 tahun. Pihaknya juga memiliki cita-cita sebagai peneliti sosial sesuai dengan jurusannya yang ia pilih.

“Alhamdulilah dengan mengikuti kegiatan ini saya didukung beberapa pihak salah satunya Wakil Bupati Jombang, Bapak Sumrambah. Saya berharap dengan mengikuti kegiatan ini dapat membawa segudang pengalaman yang bermanfaat dan bisa saya tularkan sesama,” pungkasnya.

(Sumber: KabarJombang)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Iklan Bawah Artikel

Iklan Tengah Artikel 1