Kades Perempuan Wotgalih Ketahuan Selingkuh, Pemkab Pasuruan : Vonis Lebih 5 Tahun


PASURUAN — Kades perempuan Wotgalih, Nguling, Pasuruan, Rini Kusmiyati (38) terancam dipecat Bupati Pasuruan. Kebijakan pemecatan bisa dilakukan bila vonis lebih 5 tahun penjara.

Seperti diketahui, Kades perempuan di Pasuruan, Rini Kusmiyati digerebek suaminya Eko Martono saat berduaan bersama bawahannya atau stafnya, Salam (35).

Baca Juga : Bikin Merinding! Langit di Makkah dan Madinah Berwarna Merah Gelap

Kades Rini Kusmiyati dan bawahannya itu terancam dipecat Bupati Pasuruan.

“Saat ini kami masih melihat perkembangannya, kelanjutan kasusnya di kepolisian bagaimana,” kata Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Pasuruan, Nurul Huda, Senin (22/3/2021).

Nurul menjelaskan ada dua opsi tindakan yang akan diambil pemerintah daerah kepada Rini Kusmiyati dan staf desa bidang pelayanan desa, Salam.

Opsi pertama berdasarkan proses hukum. Dan opsi kedua berdasarkan peraturan daerah (perda).

“Saat ini kan baru dugaan. Kalau memang itu diproses hukum, nanti dilihat hukumannya. Kalau divonis di bawah 5 tahun, berarti dia nggak bisa diberhentikan, ya hanya dipenjara gitu aja,” jelasnya.

“Kalau divonis di atas 5 tahun, nah bisa diberhentikan,” jelas Nurul.

Namun jika kasus tak berlanjut di ranah hukum, maka akan diterapkan opsi kedua. Yakni berdasarkan Perda.

“Misalnya nanti melanggar peraturan bupati atau perda, akan dapat teguran dari BPD,” katanya.

“Jika sudah diberi teguran ke satu masih mengulangi perbuatannya, dapat teguran kedua. Jika mengulangi lagi, dapat teguran ketiga. Baru bisa diusulkan pemberhentian,” jelas Nurul lagi.

Mekanisme sanksi untuk kades perempuan Wotgalih tak sama dengan staf desa, Salam.

Selingkuhan bu kades ini, merupakan Kepala Seksi Pelayanan Desa Wotgalih.

“Tapi untuk perangkat desa, kalau dia ini terdakwa gitu saja, sudah bisa diberhentikan sementara. Kalau sudah terpidana, bisa diberhentikan tetap tanpa melihat berapa tahun ancaman hukumannya,” ungkap Nurul.

Sebelumnya, Eko Martono, suami kades Rini Kusmiyati, menyebut istrinya selingkuh dengan Salam sudah tiga kali, dan bertemu di rumah tersebut.

Menurut Eko, Salam menyebabkan rumah tangganya retak.

“Saya belum cerai. Saya dibuang karena ada orang ketiga itu. Nggak sekali dua kali. Saya dapat kabar tiga kali sudah masuk sini,” terang Eko Martono usai penggerebekan, Minggu (21/3/2021) pagi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Iklan Bawah Artikel

Iklan Tengah Artikel 1