Wah, Begini Penampakan SBY dan AHY Dibalut Seragam Tempur TNI


Sepertinya bukan sebuah kebetulan jika pasangan ayah dan anak ini sama-sama punya cita-cita dan kecerdasan yang sama. Ya, mereka adalah Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Mayor TNI (Purn.) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Seperti yang diketahui, SBY dan AHY sama-sama purnawirawan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD). Yang membedakan hanyalah, SBY pensiun dengan pangkat bintang tiga atau Letnan Jenderal (Letjen) TNI, sementara AHY pensiun cepat saat masih berpangkat Mayor TNI.

SBY kemudian mendapatkan bintang kehormatan saat menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Republik Indonesia (Menkopolkam RI), di era kepemimpinan Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri. Maka itu, pangkat SBY naik menjadi Jenderal Kehormatan.

Dalam data yang dikutip VIVA Militer dari situs resmi Akademi Militer (Akmil), SBY adalah jebolan tahun 1973. Saat itu, pria asli Pacitan ini menyandang predikat terbaik dan menerima penghargaan Adhi Makayasa.

Photo :
  • Voice of America

Sepanjang kariernya, SBY pernah ikut bertugas dalam operasi militer di Timor-Timur, saat menjabat Komandan Batalyon Infanteri (Yonif) 744 Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana

Baca Juga : Mulai 1 Februari, Sri Mulyani Pungut Pajak Jualan Pulsa hingga Token Listrik

Di satuan tempur, SBY juga bernah menjadi Komandan Brigade Infanteri Lintas Udara (Brigif Linud) 17 Kujang 1 Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Brigade yang dipimpin SBY saat ini bernama Brigif Para Raider 17/Satya Budi Bakti (SBB).

Pria lulusan Master of Art (M.A ) dari Management Webster University Missouri ini juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya, hingga memimpin Kodam  II/Sriwijaya. Sebelum pensiun pada tahun 2000, SBY juga sempat menduduki posisi sebgaai Kepala Staf Sosial Politik (Kasospol) Panglima TNI.

Seperti halnya sang ayah, AHY juga merupakan lulusan terbaik Akademi Militer tahun 2000 dari kecabangan infanteri. Sebagai prajurit tempur, AHY pernah bertugas dalam operasi pemulihan keamanan di Aceh hingga menjadi Kepala Seksi Operasi Batalyon Infanteri Mekanis Kontingen Garuda XXIII-A d Lebanon.

Photo :
  • Youtube

Baik SBY maupun AHY juga sama-sama pernah menimba pendidikan militer di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS). Pada 2011, AHY menjadi lulusan terbaik di US Maneuver Captain Career Course di Fort Benning.

Empat tahun kemudian, AHY juga meraih predikat Summa Cum Laude usai menyelesaikan pendidikan di US Army Command and General Staff College. Di tempat ini juga, SBY juga pernah menimba ilmu militer pada 1991.

Dari sederet data di atas, bisa disimpulkan jika SBY dan AHY punya keahlian dalam hal pertempuran. Sebuah foto yang diunggah akun Facebook dengan nama Tentara Nasional Indonesia (Paling Update) menunjukkan bagaimana SBY dan AHY sama-sama mengenakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) TNI Angkatan Darat.

Pakaian dengan motif loreng ini adalah seragam yang dipakai oleh para prajurit TNI Angkatan Darat untuk menghadapi pertempuran. Di kerah AHY, ada lambang bunga tanda pangkat Mayor. Sementara SBY yang sudah purnawirawan, tidak ada tanda pangkatnya. Hanya saja, ada empat bintang di baret hijau kebesaran Kostrad yang dipakainya. source : viva 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama