Warganet Bandingkan Buku 'Berat' Anies dengan Komik Si Juki Bacaan Pak Jokowi, "Beda Kelas"

Warganet Bandingkan Buku 'Berat' Anies dengan Komik Si Juki Bacaan Pak Jokowi, "Beda Kelas"


Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kembali menjadi sorotan publik lewat aksinya di dunia maya.

Bukan soal kasus pelanggaran protokol kesehatan (prokes) Covid-19 di Jakarta beberapa waktu lalu yang melibatkan pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab. Melainkan soal unggahan foto barunya di Twitter. 

Pada Minggu pagi tadi, 22 November 2020, Anies mengunggah sebuah foto yang menampilkan dirinya tengah duduk santai sembari membaca buku berjudul "How Democracies Die".

Buku karya Steven Levitsky dan Daniel Zonlatt yang terbit di tahun 2018 itu menganalisis soal jatuh bangunnya ideologi Demokrasi di negara-negara Eropa dan Amerika Latin.

Tak banyak yang diungkapkan Anies lewat narasi foto tersebut. Ia hanya mengucapkan selamat pagi kepada publik dan berharap semua bisa menikmati pagi di hari minggu.

"Selamat pagi semua. Selamat menikmati Minggu pagi," ucapnya, seperti dilansir dari cuitan di akun Twitter pribadinya @aniesbaswedan pada Minggu, 22 November 2020.

Unggahannya itu tak pelak dibagikan ulang oleh warganet lewat ribuan retweet. Ada pula yang diikuti dengan komentar.

Namun, ada saja tingkah warganet di Tanah Air ini. Melihat unggahan Anies sedang membaca buku yang terbilang buku "berat" itu, sejumlah warganet justru mengungkit-ungkit kembali momen ketika Presiden Joko Widodo atau Jokowi kedapatan tengah asyik membaca komik.

Salah satunya seperti retweet yang disertai komentar dari sebuah akun Twitter lewat unggahannya yang membandingkan foto Anies Baswedan itu dan foto Jokowi yang tengah membaca komik "Si Juki".

Foto yang pernah diunggah oleh akun Facebook Si Juki pada 17 Juni 2016 silam itu memperlihatkan Jokowi yang sedang duduk menggunakan sabuk pengaman sambil membaca komik karya anak bangsa tersebut.

Tak hanya foto, warganet pun ada pula yang mengungkit-ungkit foto Anies dengan foto lama Jokowi itu dengan narasi bernada sindiran. 

"Koq gak ada buku "sijuki sama shinchan" pak ?," cuit salah satu pemilik akun Twitter.

"Klo pengelola pemerintahan bacaannya juki shinchan Ya ambyar...," cuit yang lainnya.

Kendati demikian, Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid mengapresiasi unggahan Anies tersebut bahwa pemimpin memang harus memperluas wawasan.

"Pemimpin memang perlu terus luaskan wawasan. Membaca buku berbobot adalah salahsatu caranya. Penting kwalitas demokrasi diselamatkan. Agar Rakyat dan NKRI maju aman sejahtera. Tradisi yg bagus dari pak Gub @aniesbaswedan, dan tidak perlu diperdebatkan," tulisnya, seperti dilansir PikiranRakyat-Pangandaran.com lewat cuitan di akun Twitter pribadinya @hnurwahid.***


0 Response to "Warganet Bandingkan Buku 'Berat' Anies dengan Komik Si Juki Bacaan Pak Jokowi, "Beda Kelas""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel