Ahok Tak Dicopot karena Ada Kepentingan dengan China? Yang Bener?

Ahok Tak Dicopot karena Ada Kepentingan dengan China? Yang Bener?


Beredar sebuah gambar di media sosial Facebook dengan narasi yang menyebutkan bahwa Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal Ahok tidak akan dicopot dari jabatannya sebagai Komisaris Utama PT Pertamina karena pemerintah punya kepentingan dengan Tiongkok.

Dalam gambar tersebut terdapat narasi "Ahox Tidak Akan Dicopot, Erik Tohir: Kami Punya Kepentingan dengan Tiongkok, Mohon Dipahami."

Namun, berdasarkan hasil pemerikasan fakta seperti dilansir Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Turn Back Hoax Mafindo, klaim pada gambar yang beredar bahwa Ahok akan dicopot dari Komisaris Utama PT Pertamina lantaran ada kepentingan dengan Tiongkok adalah salah.

Gambar tangkapan layar yang memperlihatkan itu berisi judul artikel dari media daring idtoday.co yang disebarkan oleh akun Facebook Cecep Rudiana. Pada tangkapan layar itu tertera tanggal 27 Agustus 2020.

Faktanya, gambar tersebut adalah hasil suntingan. Pasalnya, artikel asli dari idtoday.co yang tayang pada 27 Agustus 2020 berjudul "Ahok Tidak Akan Dicopot, Erick Thohir: Kerugian Pertamina Masih Lebih Baik Dibanding Perusahaan Lain."

Adapun diketahui pula bahwa artikel itu merupakan hasil lansiran dari rmol.id dengan judul yang sama dan tayang pada 27 Agustus 2020.

Dalam artikel yang tayang di rmol.id, disebutkan, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan perombakan tidak dilakukan karena kondisi keuangan Pertamina dinilai masih lebih baik daripada perusahaan lainnya di tengah pandemi Covid-19.

"Pertamina kan ruginya kelihatan. Kalau kita perbandingan dengan Exxon dengan Emik, jauh lah. Justru perusahaan yang lain itu jauh lebih rugi dari Pertamina," ucap Erick Thohir.

Erick Thohir mengatakan, pergantian direksi maupun komisaris di BUMN hanya dilakukan jika KPI (Key Performance Indicators) dari sejumlah perusahaan pelat merah itu berada di bawah standar yang ditetapkan. Hal ini, kata dia, KPI Pertamina saat ini cukup baik.

Berdasarkan fakta-fakta penelusuran di atas bahwa narasi yang menyatakan Ahok tidak akan dicopot dari Komisaris Utama PT Pertamina lantaran pemerintah ada kepentingan dengan Tiongkok adalah salah atau termasuk konten yang dimanipulasi.

0 Response to "Ahok Tak Dicopot karena Ada Kepentingan dengan China? Yang Bener?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel