Bukti TNI Jauh Lebih Kuat dari pada Armada Militer Israel

Bukti TNI Jauh Lebih Kuat dari pada Armada Militer Israel


Media-umat - Tak perlu diragukan lagi kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai salah satu kekuatan militer terbesar di dunia. Ada beberapa hal yang membuktikan jika TNI jauh lebih kuat dari sejumlah negara yang justru dianggap lebih kuat.

Dalam data yang dikutip dari Global Firepower, saat ini TNI menduduki posisi ke-16 sebagai negara dengan militer terkuat di dunia, dengan indeks kekuatan (Power Index) 0,2544.

Dengan posisi itu, Indonesia jadi negara dengan kekuatan militer terbesar di Asia Tenggara dan yang ke-7 di Asia.

Jika melihat total populasi sebanyak 267,8 juta penduduk, kekuatan pasukan yang tersedia mencapai 48,8 persen dari jumlah keseluruhan penduduk.

Global Firepower juga mencatat bahwa saat ini TNI memiliki total personel sebanyak 800 ribu prajurit, atau 0,3 persen dari total populasi. Jumlah tersebut terdiri dari 400 ribu personel aktif, dan 400 ribu lainnya adalah pasukan cadangan.

Dengan kekuatan personel yang dimiliki, TNI ternyata jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan negara maju sekelas Israel. Seperti yang diketahui, Tentara Pertahanan Israel (IDF) disebut sebagai salah satu armada militer terkuat di dunia.

Jika mengandalkan kekuatan personel, sepertinya Tentara Pertahanan Israel tak ada apa-apanya. Pasalnya, dalam data lain yang dikutip dari Global Firepower menunjukkan bahwa Israel hanya memiliki 615 ribu personel, atau 7,3 persen dari total populasi yang hanya 8,4 juta.

Tak hanya itu, Tentara Pertahanan Israel juga hanya memiliki 170 ribu personel yang aktif. Kementerian Pertahanan Israel rupanya lebih memilih mencadangkan banyak pasukannya. Tercatat, personel cadangan Israel lebih besar dari pada personel aktif, yakni sebanyak 445 ribu prajurit. [glo]

0 Response to "Bukti TNI Jauh Lebih Kuat dari pada Armada Militer Israel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel