Demi Jelaskan Hubungan Islam dan Pancasila, Irmanputra Sidin Rela Adzan Saat Siaran Langsung

Demi Jelaskan Hubungan Islam dan Pancasila, Irmanputra Sidin Rela Adzan Saat Siaran Langsung


MEDIA-UMAT, JAKARTA – Pakar Hukum Irmanputra Sidin menjelaskan soal hubungan Islam dan Pancasila dalam pembahasan terkait RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Irman mengatakan ada yang membuka luka lama ketegangan kelompok Islam dengan Nasionalis terhadap Pancasila seperti dalam Piagam Jakarta. Padahal kelompok Islam sudah mau menerima Pancasila dengan mempertahankan prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa.

“Saya kira kelompok Islam pecah-pecah juga, baru dalam isu ini semua umat Islam bersatu,” ujarnya dalam acara ILC, Selasa (16/6/2020).

Irman pun menjelaskan spirit Keislaman justru menggelora dalam Pancasila, bahkan ketika umat Islam meyakini bahwa mengamalkan Pancasila adalah juga mengamalkan ajarannya itu sendiri.

Untuk menjelaskan itu, Irman sampai melantunkan azan dalam siarang langsung yang dipandu host Karni Ilyas itu.

“Ketika saya ditanya Pancasila itu di mana dalam kehidupan saya, maka saya akan mengatakan bahwa ketika saya lahir orangtua saya itu membisikkan Pancasila ke telinga saya, cuma bahasanya bukan seperti yang tertulis dalam undang-undang dasar itu,” ungkap Irman.

“Dia membahasakan Allahu Akbar, Allahu Akbar… (melantunkan azan sampai dua kalimat syahadat), apa yang saya dengar di situ, Ketuhanan Yang Maha Esa,”

“Hayya Alasholah… apa yang saya dengar di situ, mari kita bersatu bersama-sama karena kita akan mendirikan sholat, dan Al-Ankabut mengatakan shalat mencegah kamu dari perbuatan keji dan munkar, ada kemanusiaan yang adil dan beradab di situ,”

“Hayya alal falaah… kemenangan yang bagaimana yang kita peroleh, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia…” tukasnya.

Berikut video cuplikan Irmanputrasidin dalam acara ILC yang dikutip Pojoksatu.id dari channel Youtube Indonesia Lawyers Club, Kamis (18/6/2020).

Hingga berita ini ditulis video ini memuncaki trending nomor tujuh dalam peringkat Youtube.



0 Response to "Demi Jelaskan Hubungan Islam dan Pancasila, Irmanputra Sidin Rela Adzan Saat Siaran Langsung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...