Nasdem Bersuara Keras : Hentikan Pelatihan Daring Kartu Prakerja, Ini Kesia-siaan!

Nasdem Bersuara Keras : Hentikan Pelatihan Daring Kartu Prakerja, Ini Kesia-siaan!


Mediaumat - JAKARTA – Sorotan tajam terus dilontarkan terhadap program Kartu Prakerja gagasan Presiden Jokowi.

Tak banyak bahkan pihak yang mendesak agar program tersebut dihentikan dan dibatalkan. Bukan saja kubu oposisi, lantangan keras juga datang dari parpol koalisi pemerintah. Kali ini giliran Partai Nasdem.

Kendati demikian, partai besutan Surya Paloh itu menganggap Kartu Prakerja adalah program yang harus didukung dalam rangka mitigasi dampak wabah Covid-19.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad M Ali dalam keterangannya, Jumat (1/5/2020).

“Keberadaannya telah menjadi salah satu bentuk tanggung jawab negara terhadap terjaminnya hak hidup warganya di masa pandemi,” kata Ali.

Akan tetapi, DPP Partai Nasdem memandang perlunya peninjauan kembali pelatihan daring yang melibatkan delapan penyedia layanan atau provider.

Menurutnya, selain telah mendapatkan banyak gugatan dari publik, pelatihan tersebut juga rawan penyelewengan atau moral hazard.

“Oleh karena itu DPP Partai NasDem mendesak agar fasilitas pelatihan daring dari delapan penyedia layanan tersebut dihentikan,” tegas Ali.

Menurutnya, dalam pelaksanaannya yang dimulai sejak 11 April 2020 lalu program beranggaran Rp20 triliun rupiah ini telah menimbulkan kegaduhan di tengah publik.

Yang paling menjadi perhatian adalah program pelatihan yang diberikan oleh kartu tersebut selama masa pandemi Covid-19. “Ada yang dipandang tidak pas dan tidak patut dalam implementasinya. Dana Rp5,6 triliun terlalu besar untuk program pelatihan daring yang ditawarkan bagi 5,6 juta peserta,” ungkap Ali.

Program pelatihan online ini juga dipandang menjadi mubazir di tengah banyaknya warga terdampak karena pandemi Covid-19.

Di masa pandemi sekarang ini, dana sebesar itu lebih tepat jika dikonversi menjadi bantuan langsung agar bisa menambah jumlah target penerima bantuan, dari 5,6 juta menjadi 8 juta penerima bantuan.

“Walhasil, sebuah program yang baik dengan tujuan yang baik pula malah menjadi kesia-siaan,” tegasnya lagi. ps

0 Response to "Nasdem Bersuara Keras : Hentikan Pelatihan Daring Kartu Prakerja, Ini Kesia-siaan!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...