Virus Corona Sudah Menyebar Hampir di Seluruh Wilayah Jakarta

Virus Corona Sudah Menyebar Hampir di Seluruh Wilayah Jakarta


Media-umat - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa sebaran pasien yang masuk dalam pengawasan maupun positif virus corona (covid-19) di wilayah Jakarta sudah hampir berada di semua wilayah kecamatan. Menurutnya, tak ada lagi wilayah yang tidak ditulari oleh virus asal Kota Wuhan, China tersebut.

"Dari gambar ini hampir semua kecamatan ada kasus (virus corona)," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat (13/3).

Anies menyatakan dari data yang dibuat pihaknya ini sebaran masyarakat yang terkait virus corona cukup luas terjadi di Jakarta. Ia khawatir penyebaran ini semakin meluas jika tak dilakukan pencegahan dengan cepat.

Bila melihat situs https://corona.jakarta.go.id, memang sebaran Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pemantauan (PDP) jumlahnya sudah tersebar di seluruh kotamadya.

"Ini menyebar kesemua tempat, kami enggak punya cukup waktu menunggu. Kami memiliki kewajiban melindungi semua. Penting cepat gerak dan lebih cepat," ujarnya.

Namun, Anies tak menyebut berapa jumlah warga di Jakarta yang sudah positif virus corona. Ia mengaku akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk mengatasi penyebaran virus yang sudah berstatus pandemi ini.

"Langkah yang dilakukan Jakarta di hari ke depan, ini semua dalam kerangka melakukan biasa dilakukan social distancing major," tuturnya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menyatakan tak perlu lagi membentuk satuan tugas (satgas) untuk menangani persebaran virus corona covid-19. Selama ini telah ada organisasi satgas atau task force yang dipimpin Jokowi sendiri.

"Sejak awal saya sampaikan organisasi task force ini sudah ada dan saya komandani sendiri," ujar Jokowi dalam jumpa pers di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (13/3).

Sementara di dalamnya telah ada tim reaksi cepat yang dipimpin Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Moenardo. Tim ini bertugas menangani proses evakuasi warga di luar negeri, melakukan observasi, hingga melacak kontak dari pasien positif corona.

Menghadapi kondisi ini, Anies meminta kepada perusahaan swasta untuk membuat skenario terburuk penanganan virus Corona (COVID-19). Anies meminta perusahaan menyiapkan protokol kerja jarak jauh.

"Bagi dunia usaha untuk menyiapkan protokol kerja jarak jauh. Hari ini belum ada arahan untuk kantor-kantor stafnya bekerja dari jauh, dan tapi dunia usaha harus menyiapkan jika sampai kita harus melakukan kerja jarak jauh sudah siap prosedur sudah siap caranya," kata Anies.

"Jangan sampai kita menghadapi situasi itu. Tapi bila itu terjadi dunia usaha sudah siap," ucapnya.

Anies menyebut kondisi Jakarta saat ini tidak separah beberapa negara lain seperti Italia. Namun, Anies meminta kepada masyarakat untuk mengurangi kegiatan bersifat ramai.

"Jakarta tak melakukan lockdown, tapi Jakarta memberikan seruan ke masyarakat. Sebisa mungkin mengurangi kegiatan di luar rumah, kecuali yang urgent. Belanja kebutuhan pokok, periksa medis, atau belanja kebutuhan penting lainnya," kata Anies.(cnbcindonesia)

0 Response to "Virus Corona Sudah Menyebar Hampir di Seluruh Wilayah Jakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...