Obat Corona Belum Ditemukan, Dokter Spesialis Blak-Blakan Soal Penularan

Obat Corona Belum Ditemukan, Dokter Spesialis Blak-Blakan Soal Penularan


Media-umat - Dokter Erlina Burhan dari Satgas Waspada dan Siaga nCov PB IDI menegaskan bahwa obat, antivirus dan vaksin untuk wabah virus Corona belum ditemukan.

Meski meminta masyarakat tidak berlebihan, Dokter Spesialis ini juga meminta masyarakat mewaspadai gejala dan penularan virus yang telah menewaskan 426 nyawa ini.

"Virus baru. Belum kenal banget. Masih sangat terbatas informasinya. Dari awal menular dari hewan ke manusia kemudian ditemukan bisa menular dari manusia ke manusia." kata Dokter Erlina dalam #ILCCorona, Selasa (4/2/20).

Dokter Erlina mengungkap, penularan virus corona melalui kontak erat dengan penderita dan cairan yang dikeluarkan pada saat pasien bersin.

"Cairan saat bersin ini jaraknya 1 sampai 1,8 meter." katanya.

Lantaran belum ditemukan obat, masyarakat harus melakulan serangkaian tindakan pencegahan yang bermuara pada hidup bersih dan sehat.

Dokter Erlina menyarankan pentingnya cuci tangan, mengenakan masker, tidak merokok, olah raga rutin, istirahat yang sempurna juga menjaga imunitas tubuh.

"Jangan merokok. Asap rokok melumpuhkan bulu getar hidung bagian atas yang berfungsi membersihkan saluran nafas." tambah dokter yang juga mengajar di FKUI ini.

Hal penting lain yang disampaikan Dokter Erlina adalah memasak daging dengan tingkat kematangan sempurna karena virus akan mati pada suhu 60 derajat celcius.

Di alam terbuka, tambah Erlina, virus corona aktif di suhu dingin. [trb]

0 Response to "Obat Corona Belum Ditemukan, Dokter Spesialis Blak-Blakan Soal Penularan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...