Diisolasi Dunia karena Corona, Ekonomi China Mulai Ambruk

Diisolasi Dunia karena Corona, Ekonomi China Mulai Ambruk


Media-umat - Setelah mengisolasi 1 juta Muslim Uyghur di kamp isolasi, kini giliran China merasakan bagaimana diisolasi dunia.

Dilansir dari Wall Street Journal, Senin (3/2/2020), AS dan negara Eropa serta Asia telah memberlakukan peraturan baru dengan menghentikan kunjungan warga China untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Wabah virus corona telah menewaskan 362 orang dan menginfeksi lebih dari 14.500 orang.

Isolasi dunia atas China membuat aktivitas ekonomi China gonjang-ganjing. Banyak negara termasuk perusahaan harus mengambil keputusan sulit untuk memprioritaskan keamanannya.

Konsultan Energi yang berbasis di Beijing JLC Network Technology Co melaporkan bursa saham China mengalami penurunan 15% dalam sepekan terakhir.

Mantan Penasihat Bank Sentral China Huang Yiping memperingatkan jika 5% karyawan di sektor jasa terdampak akibat virus corona, itu berarti 20 juta orang akan kehilangan pekerjaan.

Wabah virus corona juga diperkirakan menekan pertumbuhan ekonomi China sebesar dua poin persentase ke kisaran 4 persen pada kuartal I 2020. Nilai tersebut setara dengan kerugian US$62 miliar. [tarbiyah]

0 Response to "Diisolasi Dunia karena Corona, Ekonomi China Mulai Ambruk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...