Kronologi Tenggelamnya Kapal Pengangkut Wartawan Istana di NTT Labuan Bajo

Kronologi Tenggelamnya Kapal Pengangkut Wartawan Istana di NTT Labuan Bajo



Mediaumat - Kapolres Manggarai Barat AKBP Handoyo Santoso mengatakan, kecelakaan Kapal KLM Plataran Phinisi Bali, yang memuat sejumlah wartawan Istana Negara, tenggelam di Perairan Pulau Bidadari, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), terjadi sekitar pukul 12.00 Wita.

Kapal Plataran Phinisi Bali GT 32 milik Pltaran Resort Labuan Bajo itu, tenggelam saat berlayar dari Perairan Pulau Bidadari, menuju ke Plataran Resort Labuan Bajo, dengan titik kordinat kejadian -8°28'36"S 119°51'13"E.

Handoyo menuturkan, berdasarkan keterangan Kapten Kapal Plataran Phinisi Bali yang bernama Andy Ahmad (28), kapal itu membawa sembilan orang tamu dari pers kepresidenan.

"Sekitar pukul 11.00 Wita, kapal itu bertolak dari Dermaga Kayu Plataran Resort Labuan Bajo menuju ke Bidadari, yang berjarak sekitar 0,5 mil untuk melakukan kegiatan pengambil gambar," ungkap Handoyo pada Selasa (21/1/2020).

Kemudian pada Pukul 11.30 Wita, saat kapal tiba di Perairan Bidadari, posisi kapal langsung berputar haluan menuju ke arah Labuan Bajo dan kapal terus berlayar. Selanjutnya, pukul 12.00 Wita, lanjut Handoyo, tiba-tiba angin kencang menerpa kapal. Saat itu, layar kapal yang sebelumnya digunakan berlayar belum sempat diturunkan, sehingga kapal langsung terbalik dan terjatuh ke sebelah kiri.

Kapten kapal dan kru kapal lainnya langsung mengeluarkan life jacket dan life raf untuk digunakan oleh para penumpang. Pukul 12.15 Wita, tiga unit speedboat milik Plataran menuju ke Perairan Bidadari untuk mengevakuasi seluruh penumpang kapal yang selamat dan langsung dibawa menuju ke Plataran Resort Labuan Bajo.

"Saat ini, para penumpang sedang berada di Plataran Resort Labuan Bajo," ujar dia. ani12

0 Response to "Kronologi Tenggelamnya Kapal Pengangkut Wartawan Istana di NTT Labuan Bajo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...