Rekam Jejak Iwan Bule, dari Polisi ke PSSI

Rekam Jejak Iwan Bule, dari Polisi ke PSSI

mediaumat - Mochamad Iriawan alias Iwan Bule resmi menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia atau PSSI. Iwan Bule meraih 82 suara dari total 85 suara dalam pemilihan di Kongres Luar Biasa PSSI 2019 di Jakarta, Sabtu 2 November 2019.

Masuknya nama Iwan Bule dalam bursa kandidat Ketua Umum PSSI cukup menarik. Iwan Bule sosok yang besar dari kepolisian. Baru belakangan ini namanya menjadi buah bibir publik Tanah Air lho. Sejak menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, karier Iwan Bule terus moncer. Nah berikut ini riwayat kehidupan Iwan Bule sebagai mana data yang diolah VIVA.co.id.

Mochamad Iriawan dalam kariernya banyak terlibat dalam reserse kriminal. Pria kelahiran Jakarta, 31 Maret 1962 itu menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya, ia pernah menangani kasus kontroversial pembunuhan berencana pengusaha Nasrudin Zulkarnaen yang melibatkan Ketua KPK kala itu, Antasari Azhar.

Pria lulusan Akademi Kepolisian tahun 1984 ini tergolong memiliki prestasi yang gemilang di kepolisian. Ia dikenal cukup tegas dan tidak ragu menegur anak buahnya saat melakukan kesalahan. Hal tersebut membuat pria berdarah Betawi ini disegani.

Sederet posisi pernah dipangkunya sebelum menjabat sebagai Direskrimum Polda Metro Jaya. Ia pernah menjabat sebagai Kapolres Tegal pada 2001 selama 3 tahun. Selanjutnya, Iriawan dipercaya sebagai Irbidops Itwasda Polda Metro Jaya.

Setelah menjabat selama 2 tahun, ayah 5 anak ini pun diamanahi sebagai Kabag Lekdik Rodalpers SDE SDM Polri dan pada tahun yang sama dia menjabat sebagai Direskrimum Polda Metro Jaya.

Sejak itu, perjalanan kariernya terus menanjak. Ia ditugaskan ke Nusa Tenggara dan Jawa Barat sebagai Kapolda. Ketika Iriawan akan dipromosikan sebagai Kapolda Jawa Barat, ia sempat dijegal dengan tuduhan pernah berkasus. Namun, tuduhan tersebut dianggap tidak memiliki alasan yang kuat dan jabatan Kapolda Jawa Barat pun tetap diserahkan kepada Iriawan.

Dari Kapolda Jawa Barat, Iriawan ditarik ke Mabes Polri, Jakarta. Ia diberi tugas Kadivkum Polri dan berlanjut sebagai Kadivpropam Polri. Tak lama kemudian, Iwan Bule sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Pol Moechgiyarto dikukuhkan pada 23 September 2016. Hal tersebut telah tertuang dalam Telegram Mabes Polri nomor ST/2253/IX/2016 yang dirilis pada 16 September 2016.

Dalam tugas barunya, pria yang suka olahraga ekstrim jeep offroad ini ikut turun ke lapangan dan terlibat secara langsung dalam pengamanan aksi damai 4 November 20016 yang menuntut Gubernur DKI Jakarta petahana, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas perbuataan penistaan agama. Ia menjadi garda terdepan pengamanan Jakarta yang sedang menggelar hajatan Pilgub DKI 2017.

Selepas Pilkada DKI 2017, Iwan Bule kemudian menjawab sebagai Asisten Operasi Kapolri pada 20 Juli 2017. Kemudian berlanjut sebagai Sekretaris Utama Lemhamnas pada 8 Maret 2018 dan sempat menjadi PJ. Gubernur Jawa Barat pada 16 Juni 2018. Dia menjalani posisi PJ. Gubernur Jawa Barat dari 18 Juni 2018 sampai 5 September 2018, sebelum dilanjutkan oleh Ridwan Kamil yang terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat.

Sekarang Iwan Bule bakal berkiprah dalam dunia sepak bola dengan menjadi Ketua Umum PSSI. Kita nantikan semoga ada kebangkitan sepak bola Tanah Air dalam era kepemimpinan Iwan Bule. vv

0 Response to "Rekam Jejak Iwan Bule, dari Polisi ke PSSI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel